Berita Amnesty Pajak Indonesia Okezone

By | December 26, 2016

Setiap warga Negara Indonesia yang memiliki penghasilan ataupun benda berharga dan bernilai, tentu saja memiliki kewajiban untuk membayarkan pajak kepada Negara. Terutama adalah bagi mereka yang bisa disebut sebagai orang kaya, maka membayar pajak pun sudah menjadi salah satu keharusan yang mereka lakukan. Seperti para program amnesty pajak yang sudah dilakukan oleh pemerintah ini. Para peserta tax amnesty pun bisa membayar pajak mereka diberbagai macam kantor-kantor pajak terdekat. Pengampunan pajak amnesty ini sendiri memang sudah cukup gencar disosialisasikan sejak beberapa bulan yang lalu oleh pemerintah, karena memang masih ada cukup banyak pula yang belum mengetahui mengenai program tax amnesty yang diadakan oleh pemerinta. Namun karena sosialiasi yang cukup gencar, maka peserta taz amnesty pajak pada periode pertama, menurut berita amnesty pajak Indonesia Okezone cukup memuasakan, dan hasilnya pun memang diluar dari target pemerintah. Meskipun memang masih ada cukup banyak pula mereka yang belum melakukan atau membayar pajak amnesty ini.

tax-amnesty-31-desember-2016-ditjen-pajak-buka-hingga-tengah-malam-egfwxp8vfe

Masyarakat Indonesia juga terbilang cukup antusias untuk membayarkan pajak amnesty tersebut, hal tersebut dapat dilihat dikantor-kantor pajak yang biasanya selalu ramai dikunjungi oleh para peserta tax amnesty yang akan membayarkan kewajiban pajak mereka. Karena dengan membayar kewajiban pajak, kita pun bisa turut serta membantu untuk membangun negeri kita tercinta ini.  Bahkan supaya bisa melayani para peserta tax amnesty yang sudah datang tersebut, pelayanan pajak pun meski hari libur, yaitu pada hari sabtu dan minggu tetap saja buka dan melayani hingga pukul 12 malam.

Namun sayangnya untuk periode ke dua, menurut berita amnesty pajak Indonesia Okezone peserta pun mulai menurun dan juga tidak seantusias dengan pembayaran pajak amnesty pada periode yang pertama. Selain itu juga Ditjen pajak pun akan memperpanjang jam kerja supaya bisa melayani para peserta pajak amnesty lebih maksimal lagi hingga 31 Desember 2016, tepat saat menjelang akhir tahun yang memang tinggal menghitung hari saja ini. Banyak yang berpendapat kalau nantinya para peserta tax amnesty akan semakin menumpuk jika sudah menjalang akhir periode, hal tersebut juga yang terjadi saat pembayaran pajak amnesty pada periode yang pertama. Sehingga jam kerja pun memang sengaja diperpanjang dan juga waktu libur pun tetap akan memberikan pelayanan kepada para peserta tax amnesty pajak. Supaya bisa segera memenuhi target yang sudah ditentukan tersebut.

Menurut data yang sudah berhasil didapatkan oleh berita amnesty pajak Indonesia Okezone, SPH yang sudah masuk hingga 20 Desember 2016 kemarin adalah sekitar 39.600, dan selain itu juga para petugas pun memang sudah melakukan antisipasi akan lonjakan yang akan diperkirakan terjadi pada 2 minggu terakhir ini. Jumlah pajak hingga 20 Desember 2016 kemarin pun peserta amnesty pajak telah mencapai hingga 118.957 wajib pajak, dan harta yang sudah dideklarasikan mencapai hingga Rp.375.97 triliyun dan uang tebusan sebesar Rp.3.65 triliyun. Dengan perincian 61.940 orang berasal dari Wajib  Pajak pribadi UMKM, 25.649 Wajib Pajak non UMKM, 18.040 adalah badan UMKM dan juga sebesar 13.328 orang adalah wajib pajak badan non UMKM.

Memang untuk pajak amnesty periode pertama berhasil dan juga hasilnya yang memuaskan, dan diharapkan pula hal tersebut terjadi pula pada periode pajak tax amnesty yang kedua dan juga ketiga. Meskipun memang sampai saat ini untuk para peserta pajak amnesty pada period eke 2 ini belum sebanyak yang periode pertama. Namun petugas tetap optimis dan yakin, serta memprediksi akan terjadi lonjakan para peserta tax amnesty saat akhir periode. Salah satu hal yang akan diantisipasi yaitu dengan membuka layanan pajak hingga pukul 12 malam, yaitu pada 31 Desember 2016 yang aakan datang. Upaya atau cara lain yang dilakukan supaya peserta tax amnesty pajak periode 2 sesukses yang pertama adalah dengan melakukan berbagai macam sosialiasi juga. Terutama adalah mereka para wajib pajak eselon II dan juga III. Semoga saja target pemerintah bisa tercapai pada tax amnesty pajak periode yang kedua ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *