Kredit Usaha Rakyat, Pengertian dan Cara Jitu Mendapatkannya

By | February 4, 2017

Kredit Usaha Rakyat (KUR) dianggap menjadi solusi tepat bagi para pengusaha kecil dan menengah. Dengan adanya program KUR pengusaha bisa memperoleh pasokan dana yang cukup untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi, hal tersebut akan sangat menguntungkan dan mendukung kemajuan perekonomian bangsa Indonesia.

cek kembali

Pengertian Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Mungkin diantara kalian ada yang belum mengetahui arti dari KUR. Selama ini memang sering terdengan bahkan sudah umum diperbincangkan di kalangan pengusaha kecil dan menengah. Kredit Usaha Rakyat adalah suatu layanan kredit atau pembiayaan yang disediakan oleh pemerintah melalui perbankan pada peserta UMKMK atau kepada koperasi yang feasible namun belum bankable. Feasible disini maksudnya yaitu usaha yang sudah mempunyai potensi, kelayakan, prospek yang baik dan telah mempunyai kelayakan dalam mengembalikan pinjaman.

Terdapat beberapa usaha rakyat yang diharapkan mengikuti program KUR. Diantaranya yakni keseluruhan bentuk usaha, khususnya bisnis yang bergerak pada sektor usaha produktif. Misalnya, perikanan dan kelautan, pertanian, kehutanan, perindustrian dan jasa simpan pinjam. Diharapkan semua UMKM dan Koperasi mampu memperoleh dan mengakses serta memanfaatkan KUR dengan sebaik-baiknya demi kemajuan usaha yang dikelola.

Maksud dan Tujuan Kredit Usaha Rakyat

Adapun tujuan penyelenggaraan KUR oleh pemerintah secara umum adalah untuk menguatkan jenis Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi. Selain itu, KUR juga mempunyai tujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menanggulangi kemiskinan di Indonesia. Kemajuan UMKMK nantinya mampu merekrut banyak tenaga kerja, sehingga mengurangi pengangguran dan perekonomian masyarakat Indonesia meningkat.

Setelah membahas tujuan Kredit Usaha Rakyat, selanjutnya kita bahas maksudnya didirikan layanannya sebagai berikut :

  • Untuk mengembangkan kewirausahaan
  • Meningkatkan akses ke sumber pembiayaan
  • Meninkatkan pasar produk UMKMK
  • Sebagai Reformasi Regulasi UMKMK

Cara Penyaluran Kredit Usaha Mikro Menengah

Proses penyaluran kredit Usaha Rakyat dilakukan melalui dua cara yakni secara langsung dan tidak langsung. Penyaluran secara langsung ini dilakukan oleh peserta UMKMK dengan mendatangi kantor cabanga atau kantor cabang Pembantu Bank Pelaksana KUR. Sedangkan penyaluran tidak langsung kredit usaha mikro diakses melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP Koperasi. Atau lewat kegiatan linkage lainnya yang bekerjasama dengan Bank Pelaksana. Demi kelancaran dan upaya pendekatan diri pada usaha mikro akhirnya penyaluran kredit usaha mikro menengah dan koperasi dilakukan secara tidak langsung.

Cara Mendapatkan Kredit Usaha Mikro

Banyak masyarakat yang belum tahu secara detail tentang cara memperoleh pinjaman kredit usaha, sehingga tak heran mereka mengatakan sangat sulit. Padahal banyak pelaku UMKMK yang membutuhkan jenis kredit ini. Bagi Anda yang ingin memperoleh kredot dengan plafon 500 juta, sebaiknya Anda perhatikan cara mendapatkan KUR seperti berikut ini :

  • Langkah pertama adalah Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda kelola termasuk kategori usaha produktif. Seperti, bisnis kerajinan, rumah makan, salon kecantikan dan lainnya.
  • Kemudian, siapkan berkas atau dokumen-dokumennya secara lengkap. Umumnya dokumen yang diperlukan adalah KTP, Kartu Keluarga, Keterangan Domisili, Legalitas Usaha, Ijin usaha, proposal usaha, laporan keuangan dan persayaratan lainnya yang diminta Bank.
  • Setelah semuanya siap, datanglah ke kantor Bank penyalur Kredit Usaha Mikro dan Menengah. Bank yang ditunjuk oleh pemerintah menyalurkan KUR yaitu BRI, BNI, BTN, Bank Bukopin, Bank Mandiri dan BSM. Tanyakan semua informasi sejelas-jelasnya tentang cara mendapatkan KUR.
  • Kalau sudah mendapatkan informasi dan Anda sudah jelas dengan semua proses KUR. Maka, serahkan surat permohonan KUR dan dokumen yang dibutuhkan oleh pihak Bank.
  • Selanjutnya, tunggulah waktu survey, persiapkan semua hal-hal yang ingin diketahui oleh pihak Bank dengan baik. Bank akan menilai pengajuan Anda, apakah layak menerima kredit usaha mikro dan menengah ataukan tidak. Jika pengajuan disetujui, kredit usaha akan segera cair.

Itulah cara mendapatkan kredit usaha rakyat, berikutnya kami ulas tips jitu dalam memperoleh KUR.

Tpis Jitu Mendapatkan KUR

  • Pastikan Anda dan bisnis Anda tidak sedang dalam pembiayaan Kredit Usaha Bank lainnya.
  • Usaha Anda sudah berjalan minimal selama 6 bulan. Sebab, eksistensi usaha yang Anda jalankan, bisa menjadi alasan pihak Bank menyetujui Kredit Usaha Rakyat yang Anda ajukan. Ini akan dinilai saat Bank melakukan survey usaha Anda.
  • Bisnis yang Anda jalankan sehat artinya selama berbisnis Anda meraih keuntungan, bukannya merugi. Laporan keuangan bisnis Anda akan mencerminkan usaha Anda. Jadi, laporan keuangan harus benar-benar surplus.
  • Siapkan agunan atau jaminan. Mungkin saja, produk kredit usaha itu aslinya berupa kredit multiguna yang membutuhkan jaminan.
  • Sekarang, Kredit usaha Rakyat ada produk KTA /¬†pinjaman tanpa agunan. Meski begitu, tergantung pihak bank untuk menyetujuinya atau tidak. KTA merupakan program pemerintah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan KUR.

Demikianlah ulasan lengkap tentang Kredit Usaha Rakyat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pembiayaan untuk bisnis yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *