Slamaran: Pantai Mistis di Utara Jawa

By | April 12, 2017

Siapa yang tidak tahu Kota Pekalongan. Kota kecil di utara Jawa ini merupakan salah satu kota yang dilewati Jalur Pantura. Kota ini terkenal dengan kerajinan batiknya yang khas. Bersanding dengan Solo dan Yogyakarta, Pekalongan berhasil mendapatkan julukan sebagai Kota Batik.

Selain batik, Pekalongan ternyata memiliki potensi lain di bidang pariwisata. Karena terletak di daerah Pantura, kota ini memiliki beberapa pantai dengan panorama yang mengagumkan.

Baca Juga: Bali Ngurah Rai Airport

Berbeda dengan laut selatan yang memiliki ombak besar, ombak di laut utara Pulau Jawa cenderung jinak. Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi pantai-pantai wisata di Pekalongan.

Salah satu pantai terkenal di Kota Batik ini adalah Pantai Slamaran. Selain memiliki panorama khas pantai utara yang indah, pantai yang terletak sekitar 5km dari pusat kota ini juga terkenal karena cerita mistis yang beredar di masyarakat sekitar.

Legenda Dewi Lanjar

image001 

Ratu Roro Kidul – otonomi.co.id

Jika pantai selatan memiliki Ratu Roro Kidul, pantai utara Jawa memiliki Dewi Lanjar. Dewi Lanjar merupakan penguasa laut utara Jawa. Dulunya Dewi Lanjar bernama Dewi Rara Kuning. Tetapi sejak suaminya meninggal, perempuan itu dijuluki Dewi Lanjar (janda kembang; Jawa).

Dewi Lanjar sendiri merupakan murid dari Ratu Kidul. Menurut legenda warga setempat, keraton Dewi Lanjar terletak di Pantai Slamaran. Tidak heran jika selain menjadi tempat wisata, pantai ini juga sering dijadikan tempat bertapa bagi orang-orang yang percaya pada keberadaan Dewi Lanjar.

Rute Menuju Pantai Slamaran

image003

Pantai Slamaran – jurnalwisata.id

Untuk berlibur ke Pantai Slamaran, kita harus pergi ke Kota Pekalongan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan berbagai alat transportasi termasuk kereta api saat pergi ke Kota Batik ini. Agar mendapatkan harga tiket kereta api yang murah, Anda dapat memesan tiket secara online di Traveloka.

Setelah sampai di Stasiun Pekalongan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil atau naik kendaraan umum menuju Terminal Bus Pekalongan. Dari terminal, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau mobil sewaan menuju daerah Krapyak Lor.

Baca Juga: Keindahan Nusa Dua Bali

Setelah sampai di Krapyak Lor, ikuti papan petunjuk menuju Pantai Slamaran. Jika sudah melihat menara kembar dengan papan nama bertuliskan “Obyek Wisata Pantai Slamaran” di tengahnya, berarti Anda sudah sampai ke tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Slamaran

image005

Gerbang Pantai Slamaran – jalanjalankotabatik.blogspot.co.id

Harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah, yaitu sekitar Rp3.000 pada hari biasa dan Rp5.000 pada akhir pekan atau musim liburan. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya asuransi untuk pengunjung tempat wisata ini.

Hal-Hal Menarik di Pantai Slamaran

image007

Pantai Slamaran – metrojateng.com

Luas Pantai Slamaran cukup kecil yaitu sekitar 3,5ha. Meskipun begitu, pesona alam dan panorama pantai ini tidak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang lebih luas. Selain itu, pengelola pantai juga sudah menyiapkan fasilitas umum yang cukup lengkap seperti MCK, musala, tempat parkir, dan penginapan.

Di sekitar pantai juga banyak ditemukan pedagang yang menjual berbagai macam menu hidangan laut yang enak. Anda bisa menikmati makanan favorit sambil meminum segelas es kelapa muda di Pantai Slamaran yang indah ini. Ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa Anda nikmati di sini, yaitu:

1. Tumpukan Batu

image009

Batu Pantai Slamaran – kompasiana.com

Di sepanjang pantai, Anda akan melihat tumpukan batu yang ditata menyerupai tanggul. Batu ini berfungsi sebagai pembatas agar para pengunjung tidak berenang di kawasan pantai. Meskipun memiliki ombak yang tenang, kawasan Pantai Slamaran cukup berbahaya untuk dijadikan tempat berenang.

Para pengunjung biasanya berfoto di atas tumpukan batu ini dengan latar belakang pemandangan matahari tenggelam. Ada pula pengunjung yang menjadikan tumpukan batu sebagai tempat bersantai sambil menikmati angin pantai utara yang segar.

2. Rimbun Cemara

image011

Pohon Kelapa -pixabay.com

Jika biasanya Anda melihat rimbun pohon kelapa di pantai, maka di Slamaran Anda akan merasakan suasana yang berbeda. Di sisi sebelah kanan pantai Slamaran kita bisa melihat deretan pohon cemara yang tinggi dan rimbun.

Para pengunjung bisa menggelar tikar atau koran untuk duduk-duduk di bawah rimbun cemara ini. Kawasan wisata Pantai Slamaran tidak melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Jadi, Anda bisa menikmati suasana pantai sambil berpiknik bersama keluarga tercinta di bawah pohon cemara yang teduh.

3. Jembatan Slamaran

image013

Pantai Selamaran – pekalongankota.go.id

Meskipun tidak termasuk di dalam kawasan wisata Pantai Slamaran, tetapi dari jembatan ini kita bisa melihat ujung Pantai Slamaran yang indah. Setelah mengunjungi pantai, para pengunjung biasanya berhenti di Jembatan Slamaran untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan keindahan hulu sungai yang menawan.

Selain itu, Anda juga akan melihat orang-orang yang sedang memancing di tepi jembatan. Jika akhir pekan, para penduduk ada yang menyewakan perahu untuk digunakan berkeliling di sekitar jembatan atau mengelilingi kawasan wisata Pantai Slamaran. Menarik bukan?

Nah, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Slamaran saat musim liburan nanti? Jika iya, persiapkan liburan Anda dengan matang. Rajin-rajinlah mencari informasi dari situs wisata tepercaya seperti Traveloka. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *